Trik Googling agar mendapatkan hasil Pencarian yang tepat

 photo google_zpsj9ye6qqw.png

Internet memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai kegiatan, misalnya berbagi file, berkirim surat secara elektronik, bersosialisasi di sosmed, belanja secara online, dan lain-lain. Menyebut semua kecanggihan teknologi internet tentu tak akan lengkap bila tidak menyebut kata #Google. Perusahaan Google yang terkenal dengan layanan mesin pencarian di internet, sangat berperan besar dalam perkembangan teknologi internet di dunia. Melakukan Googling bisa memudahkan kita untuk menemukan referensi ilmiah, karya tulis, artikel atau hal-hal lainnya di internet.

Nah, agar kegiatan Googling menjadi lebih efektif tanpa harus berganti-ganti keyword, pelajari dulu trik-triknya berikut ini:

1. Mencari Definisi Suatu Kata

Penggunaan kata define saat melakukan pencarian di Google sangat efektif untuk membantu anda menemukan definisi kata yang sedang kita cari (Contoh : define risalah).

2. Menggunakan Dua Kata Kunci

Memberi tanda kutip pada kata-kata yang anda cari akan membuat Google menampilkan hasil yang benar-benar sesuai dengan kata tersebut. Jadi misalkan anda berniat mencari kata “fluktuasi ekonomi”, maka Google akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kedua kata tersebut dan bukan menampilkan hasil yang mengandung kata “fluktuasi” dan kata “ekonomi”. Lebih efektif bukan.

3. Penggunaan Tanda Dashed (-)

Dashed atau strip (-) biasanya digunakan untuk membuat pengecualian ketika melakukan pencarian di Google. Bila kita mengetik kata tips tepung terigu – Bogasari, maka Google akan menampilkan hasil tentang pencarian tips tepung terigu yang tidak mengandung kata Bogasari di dalamnya. Hal ini akan memudahkan anda melakukan seleksi saat menggunakan Google.

4. Penggunaan Tanda Tilde (~)

Tanda bergelombang yang dikenal dengan sebutan tilde tersebut akan membantu kita untuk mencari keyword lain yang masih berhubungan dengan keryword yang anda masukkan. Bila Anda mengetikkan kata ~universitas “teknik industri”, maka Google akan menampilkan hasil yang relevan dengan kata universitas (misalnya akademi, perguruan tinggi, sekolah tinggi) yang kemudian diikuti dengan hasil pencarian keyword “teknik industri”.

5. Penggunaan Tanda Dua Titik (..)

Tanda dua titik digunakan untuk menampilkan hasil informasi pada rentang waktu tertentu yang anda tentukan, misalnya saja “bisnis populer” 2009..2014, maka Google akan menampilkan hasil pencarian keyword “bisnis populer” yang berada pada rentang waktu 2009 sampai 2014.

6. Penggunaan Tanda Star (*)

Untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih luas dan lebih populer menurut data yang dikumpulkan Google, kita dapat menggunakan tanda bintang (*) pada keyword yang digunakan. Misalnya kita menggunakan keyword *ikan goreng, maka Google akan menampilkan hasil lainnya yang berkaitan dengan keyword yang dicari, contohnya menu ikan goreng, resep ikan goreng, ikan goreng sambal terasi dan berbagai hasil populer lainnya. Selain menggunakan tanda bintang, kita juga dapat menggunakan kata related untuk menampilkan hasil populer yang berhubungan dengan keyword yang kita cari.

7. Mencari Beberapa Keyword Sekaligus

Agar dapat mencari beberapa keyword sekaligus, kita dapat menggunakan tanda pipe (|) untuk memisahkan keyword yang dicari, contoh penggunaannya yaitu kue|roti|bolu. Maka Google akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata kue, roti, bolu atau pun yang mengandung ketiga kata tersebut.

8. Ketikkan File Type Agar Anda Langsung Bisa Mengunduh

Bila kita ingin mencari file berbentuk PDF format lainnya agar dapat segera diunduh, ketikkan saja file type tersebut bersama dengan keyword yang kita masukkan ke kolom pencarian Google. Misalnya dengan membuat keyword seperti : belajar Autocad pdf, keyword ini akan menampilkan hasil berbentuk file PDF yang dapat segera diunduh.

9. Masukkan Author Ketika Menggunakan Google Books

Untuk melakukan pencarian pada Google Book, jangan lupa masukkan juga nama author atau pengarang buku, diikuti dengan kata yang kita cari, misalnya Joko Pinurbo puisi. Dengan memasukkan keyword tersebut, Google Books akan mencari buku yan terdapat di www.books.google.com yang dikarang oleh Joko Pinurbo tentang puisi.

Wah, ternyata menggunakan Google secara efektif sangat mudah untuk dilakukan ya. Hal ini dapat terjadi karena Google juga menggunakan konsep bahasa pemrograman sehingga dengan penggunaan tanda atau kode yang tepat, kita dapat melakukan pencarian keyword dengan lebih cepat dan efektif. Selamat mencoba!