10+ Aplikasi Sosial Media yang Paling Boros RAM Handphone

6. Path

 photo Path_zpsbk2m9rm2.jpeg

Buat kamu yang protektif banget sama yang namanya privasi, Path memang lebih aman digunakan. Pasalnya kamu bisa berbagi kegiatan hanya dengan teman-teman akrab kamu, setidaknya itulah teori dulunya. Ternyata Path memakan ruang sekitar 79 MB.

7. Google Hangouts dan Google+

 photo Google Plus_zps7p3qqyxw.jpeg

Hangouts merupakan gabungan SMS dan aplikasi chatting. Kelebihannya Hangouts terintegrasi dengan Google+, seperti Facebook dan Facebook Messenger. Kamu dapat menambah kenalan melalui Google+, lalu chatting menggunakan Hangouts. Google+ memakan memori sekitar 70 MB, sedangkan Hangouts 68 MB.

8. KakaoTalk

 photo Kakao Talk_zpszjsbbvoa.jpeg

Bisa dibilang KakaoTalk merupakan pesaing terdekat dari LINE. Aplikasi chatting ini mudah digunakan, namun punya banyak fitur. Salah satunya memungkin kamu untuk terhubung dengan akun selebriti atau suatu perusahaan. Meskipun sekarang ini gaungnya tidak begitu terdengar, namun ia sekarang memiliki Path. KakaoTalk membutuhkan ruang sekitar 66 MB.

9. Twitter

 photo Twitter_zpsr0yfjeet.jpeg

Aplikasi sosial media yang satu ini, kayaknya kini lebih sering digunakan untuk mencari informasi terhangat. Berbagi informasi yang bermanfaat gitu, dengan menggunakan kekuatan hashtag. Twitter rupanya menghabiskan RAM sekitar 59 MB.

10. WhatsApp

 photo Whatsapp_zps7ssr5ftd.jpeg

Hampir semua pengguna smartphone menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chatting utama. Serius dah padahal WA tidak kaya akan fitur, tapi memang diakui sangat handal, sederhana, ringan, cepat dan mudah digunakan. Kontak berupa nomor telepon, sehingga kamu tidak perlu menambah kontak secara manual. Aplikasi ini juga sudah mendukung panggilan suara, dan tergolong hemat memori hanya memakan ruang 56 MB.

11. Instagram

 photo Instagram_zpsewg11z6z.jpeg

Aplikasi berbagi foto yang sekarang milik Facebook ini ternyata makan RAM 40 MB saja. Saking asyiknya jangan sampai lupa bahwa Instagram cukup boros kuota, jadi JalanTikus sarankan sambungkan ke Opera Max.

12. Tinder

 photo Tinder_zpsjsbxtxpi.jpeg

Aplikasi ini cocok banget buat kamu yang jomblo, dimana membantu kamu menemukan jodoh di sekitar kamu. Jangan dianggap terlalu serius aplikasi ini, just fun! Meskipun tidak menutup kemungkinan buat kamu menemukan pujaan hati, oh ya Tinder memakan RAM 39 MB.

13. Telegram

 photo Telegram_zpsy1fm30r7.jpeg

Telegram merupakan pesaing utama WhatsApp, yang mulai populer sebagai aplikasi chat alternatif karena kecepatan dan keamanannya. Pesan yang dikirim akan terenkripsi. Tampilannya memang tidak beda jauh dengan WhatsApp namun dengan warna biru yang lebih simpel. Nah Telegram ternyata lebih ringan dari WhatsApp, hanya memakan RAM 38 MB.

Catatan:
Besaran memori yang digunakan oleh aplikasi sosial media dan instant messenger di setiap smartphone akan berbeda-beda, semakin sering aplikasi digunakan maka penggunaan memori juga meningkat.

Sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi sosial media dan instant messenger yang tak kalah seru digunakan. Tapi ya buat apa install banyak-banyak, hanya akan menghabiskan RAM dan baterai. Ujung-ujungnya smartphone lemot, jadi kamu harus pilih beberapa yang memang sesuai dengan selera, lingkungan, dan kebutuhan kamu. Jika daftar di atas ada yang kelewat, sisipkan di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *