Transit Elevated Bus (TEB) di China

Transit Elevated Bus (TEB) Tampak Depan

Perusahaan di China akhirnya mewujudkan bus antimacet. Sebelumnya pada Mei lalu, perusahaan sarana transportasi publik bernama Transit Elevated Bus (TEB) memperkenalkan purwarupa ‘bus mengangkang’.

Bus unik itu dihadirkan untuk mengatasi masalah kemacetan di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Dikutip dari The Verge, Rabu 3 Agutus 2016, menurut laporan dariXinhua News, TEB pada Selasa kemarin telah menguji coba (test drive) bus mengangkang itu di timur laut Qinhuangdao, Provinsi Hebei.

Dalam wujud nyatanya, bus menangkang itu hadir dengan interior sepanjang 21 kaki, lebarnya 7,6 meter dan tinggi 4,87 meter. Untuk kolong bus, yang bisa mengangkangi mobil-mobil saat macet, tingginya mencapai 2,1 meter. Praktis bus itu nantinya bisa melalui kemacetan mobil sedan dan sejenisnya. Bus mengangkang tersebut bisa mengangkut 300 penumpang.

 photo Uji Coba Transit Elevated Bus TEB di China_zps6rwzismk.jpg

Riwayat bus menangkang itu sudah dimulai dibuat sejak enam tahun lalu dan kemudian purwarupanya baru ditampilkan dalam International Hight-Tech Expo ke-19 di Beijing pada Mei lalu.

 photo Suasana di dalam Transit Elevated Bus TEB_zpsooixdzce.jpg

 photo Warga yang mencoba Transit Elevated Bus TEB_zpsycn54xfv.jpg

Perancang bus menangkang itu, Song Youzhou mengatakan purwarupa bus telah dikontruksi. Empat kota yaitu Nanyang, Qinhuangdao, Shenyang, Tianjin dan Zhoukou, telah menandatangani kontrak dengan TEC Technology Development Company untuk proyek percontohan.

 photo Transit Elevated Bus TEB Tampak Samping_zps7ukuu8r7.jpg

 

Liputan Uji Coba Transit Elevated Bus (TEB) di China dalam Video